u ka

Selasa, 25 Februari 2014

Sejarah Kambing Etawa


Sejarah Kambing Etawa
Kambing etawa adalah salah satu jenis kambing yang paling ramai diternak dan dikembangkan, terutama di negara kita. Jika dirunut dari awal mula dan sejarah kambing ini, kambing etawa berasal dari daerah Etawah, Utar Prades. Banyak ditemukan di daerah yang hijau di sekitaran sungai. Selain dipanggil etawa kambing ini juga bisa disebut sebagai kambing jamnapari, nama asal kambing ini diambil dari negara asalnya pula, yaitu India. Di India kambing ini juga merupakan hewan yang terkenal, dan biasa dipanggil "pari" karena bentuk fisiknya yang elegan. Inilah gambar kambing etawa India


Gambar Kambing Etawa Jamnapari

Ciri - ciri Kambing Etawa
Kambing etawa banyak dikenal dan dijadikan sebagai ternak kambing utama karena bentuk badan yang kokoh tinggi dan leher yang kuat dan sedikit memanjang. Bentuk dan struktur tubuh hewan ini  hampir sama dengan kambing pada umumnya, namun warnanya adalah putih bersih bulunya pendek kecuali bagian paha Kepala sama seperti kambing biasa namun bagian hidungnya condong ke bawah dengan tanduk yang menghadap ke atas. Telinga panjang melambai ke bawah, ekornya pendek. Ciri - ciri kambing etawa yang lain yaitu tingginya bisa mencapai lebih dari satu meter dan berat mencapai 100kg. Betina lebih pendek dan lebih ringan. Kambing Etawa Super ramai dipelihara untuk diikutkan kontes dan diambil susunya. Berikut gambar kambing etawa berdasarkan ciri fisik yang kami berikan.
Bentuk Umum Fisik Kambing Etawa
Jenis Kambing Etawa
Pada dasarnya jenis kambing etawa hanya satu. Namun kami akan memberikan sedikit rincian mengenai jenis kambing ini berdasarkan kelas, budidaya dan istilah dalam masyarakat.
Kambing Etawa Super
Kambing etawa super adalah kambing kontes yang memiliki fisik jauh diatas kambing rata-rata. Kambing jenis ini yang paling enak dipelihara dan memiliki harga jual yang tinggi. Untuk menjualnya pun lebih mudah daripada kambing yang kualitasnya biasa saja. Para penggemar kambing etawa berkualitas bahkan rela merogoh kocek dalam demi mendapatkan kambing yang diinginkan. Tentunya dengan hal ini harga sudah tidak menjadi masalah. Namun yang menjadi masalah adalah jarang sekali orang yang mau melepaskan kambing etawa super milik mereka. Akhirnya, dengan diadakannya kontes barulah pemilik dan pembeli dapat bertransaksi. Kontes kambing etawa super selalu ramai didatangi orang - orang dari berbagai daerah, dan mampu mencetak omset yang diluar nalar.


Gambar Kambing Kontes Etawa Super
Kambing Etawa Kaligesing
Kambing etawa kaligesing adalah persilangan kambing etawa asal india dengan kambing lokal. Dan pertama kali dikembang biakkan di daerah Purworejo. Tepatnya di Kaligesing.Ciri - cirinya hampir sama dengan kambing etawa asli. Namun perbedaan adalah pada warna bulunya yang sangat beragam. Mulai dari coklat, hitam, bercak/dalmation dan warna belang. Bulunya yang lebat dan lembut membuat para peternak kambing ogah untuk menyembelih dan diambil dagingnya. Kambing Kaligesing juga merupakan kambing berkualitas yang banyak dipelihara sebagai koleksi saja. Walaupun tubuhnya tidak sebesar kambing etawa super, namun kambing etawa kaligesing ini juga sering diikutkan pada kontes karena keindahannya. Selain itu, kambing ini juga merupakan jenis kambing etawa yang banyak diternak untuk diperah susunya.

Gambar Kambing Etawa Ras Kaligesing
Kambing Etawa Senduro
Kambing etawa senduro adalah kambing etawa putih bersih yang berasal dari Lumajang, Jawa Timur. Tepatnya daerah lereng gunung berapi, daerah Senduro. Kambing ini berawal disebut senduro semenjak bencana gunung berapi yang melanda Lumajang dan ajaibnya para peternak kambing senduro selamat. Hingga kini akhirnya kambing etawa senduro dikembang - biakkan dan mempunyai nama tersendiri di hati para penggemar kambing. Tubuhnya yang besar banyak dikagumi, dan kantong kapur yang besar membuat kambing ini menjadi andalan dalam produksi susu secara maksimal.


 Kambing Etawa Enduro

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.